Bisakah selulitis dicegah atau dihindari?


Apa itu selulitis?
Selulitis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Ini adalah infeksi umum hasil dari rekam medis tetapi dapat menjadi kondisi serius jika tidak diobati. Sebagian besar waktu, selulitis mempengaruhi kulit di kaki bagian bawah Anda. Tapi itu bisa muncul di mana saja di tubuh Anda dan bahkan di wajah Anda. Infeksi dimulai pada permukaan kulit Anda, tetapi dapat mempengaruhi lapisan kulit yang mendasarinya juga. Tidak diobati, selulitis bahkan dapat menyebar ke kelenjar getah bening Anda atau menyebabkan infeksi darah (sepsis).

Gejala selulitis
Selulitis biasanya menyakitkan. Daerah yang terkena akan berwarna merah dan mungkin meradang (bengkak). Mungkin juga terasa hangat saat disentuh.

Gejala umum lainnya termasuk:
  • Kulit di daerah yang terkena mungkin terlihat mengkilap atau tampak "melar."
  • Luka yang tumbuh dengan cepat, terutama di hari pertama. Mungkin bocor atau bernanah.
  • Perasaan umum sakit.
  • Merasa lelah.

Gejala yang lebih serius yang bisa berarti infeksi menyebar:
  • Demam atau kedinginan.
  • Mual dan muntah.
  • Garis-garis merah di sekitar area.
  • Hilangnya energi atau perasaan terutama lelah atau mengantuk.
  • Rasa sakit yang meningkat.
  • Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus segera menghubungi dokter Anda atau mencari perawatan darurat.

Apa yang menyebabkan selulitis?
Selulitis disebabkan oleh bakteri. Adalah normal bagi bakteri untuk hidup di kulit Anda. Ketika kulit Anda pecah, bakteri-bakteri itu dapat masuk dan menyebabkan infeksi. Kerusakan pada kulit Anda dapat disebabkan oleh banyak hal. Itu bisa terjadi ketika Anda menggaruk kulit kering, ketika seekor serangga menggigit Anda, atau Anda secara tidak sengaja menabrak sesuatu yang menggores kulit Anda.

Bagaimana selulitis didiagnosis?
Dokter di klinik atau rumah sakit Anda kemungkinan besar akan dapat mengatakan bahwa Anda memiliki selulitis dengan melihat kulit Anda. Ia juga akan merasakan kelenjar Anda untuk melihat apakah mereka bengkak. Dokter Anda mungkin ingin memesan beberapa tes darah untuk memastikan infeksi tidak menyebar ke darah Anda. Ia juga bisa mengumpulkan cairan dari daerah yang terkena untuk mengujinya.

Bisakah selulitis dicegah atau dihindari?
Selulitis tidak selalu bisa dicegah. Anda dapat menurunkan risiko selulitis dengan melembabkan dan merawat kulit Anda. Anda juga harus sering mencuci tangan dan menjaga kuku Anda tetap terpotong.
Jika Anda memiliki luka kulit, pastikan untuk tetap bersih. Anda harus mencucinya setiap hari atau menggunakan krim antiseptik atau antibiotik untuk menjaganya tetap bersih. Lihatlah setiap hari untuk kemungkinan tanda-tanda infeksi. Jika Anda melihat bahwa luka semakin bertambah atau semakin menyakitkan, hubungi dokter Anda.

Penyakit atau kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko terkena selulitis. Jika Anda memiliki diabetes atau penyakit pembuluh darah, Anda mungkin memiliki lebih banyak kerusakan pada kulit Anda dalam bentuk bisul. Eksim juga dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit Anda. Anda juga mungkin berisiko lebih tinggi jika menggunakan obat-obatan yang dapat menekan sistem kekebalan Anda, seperti kortikosteroid. Obesitas juga dapat meningkatkan risiko selulitis.

Pengobatan selulitis
Dokter Anda kemungkinan besar akan meresepkan antibiotik oral untuk mengobati selulitis Anda. Dia juga mungkin menawarkan obat sakit, jika diperlukan.

Jika infeksi Anda lebih parah, dokter Anda dapat merekomendasikan Anda pergi ke klinik atau rumah sakit untuk antibiotik intravena (IV). Antibiotik IV adalah obat cair yang dikirim langsung ke pembuluh darah Anda (biasanya pembuluh darah lengan) menggunakan jarum. Alasan lain yang dilihat oleh Artria dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan ini termasuk:
  • Antibiotik oral tidak berfungsi.
  • Selulitis Anda menutupi area kulit yang luas.
  • Anda mengalami demam tinggi.
  • Anda terutama muda atau tua.
  • Anda memiliki penyakit atau kondisi lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal myalgia, penyakit nyeri otot

Gym Jadi Solusi Mengecilkan Paha